Selasa, 09 Juli 2013

Cara Menyiarkan Radio dengan Shoutcast



Saat berada di Malang, saya sering melihat mobil radio keliling, yaitu radio LBC fm dantidar sakti. Mereka kadang siaran langsung di depan Matos (Malang Town Square). Ada DJ nya cewek. Pas saya dengerin di radio, suaranya memang jelas banget. Tetapi stereo nya kurang. Karena lagunya house music. Mungkin karena hanya karena settingan di STL saja.
Ini yang dinamakan siaran dengan menggunakan STL. Harus ada pemancar kecil (di mobil itu) untuk mengirimkan sinyal suara ke radio penerima di studio. Peralatan pemancar seperti ini terbilang mahal. Rata-rata 30 juta-an (Build Up). Ditambah lagi peralatannya banyak. Harus pasang antena, mengatur antena supaya pointingnya bagus dlsb.

Nah, dengan adanya internet, kini dimungkinkan Anda bersiaran langsung darimanapun juga dan dari belahan bumi manapun dengan biaya yang sangat sangat murah dan peralatan yang sangat sangat minim.
Yaitu dengan menggunakan shoutcast streaming.
Kelebihan shoutcast streaming :
1.    Peralatan sangat minim yaitu laptop / pc dan internet (modem broadbandpun bisa). Kecepatan internet 100 kbps sudah cukup
2.    Ringkas dan cepat
3.    Tidak dipengaruhi sinyal radio (tidak ada interfere)
4.    Suara yang dihasilkan mendekati aslinya. Stereo
5.    Dapat dilakukan dari manapun juga, di belahan bumi manapun selama ada sinyal internet
Kekurangan shoutcast streaming :
1.    Harus ada sinyal internet
2.    Ada delay. Tergantung kecepatan internet Anda. Delay maksimal 5 menit masih dianggap normal.
Yang menjadi kelemahan utama shoutcast (dan sistem streaming manapun) adalah adanya DELAY. Jika Anda tidak menganggap delay ini suatu masalah yang significan, misal Anda tidak perlu berinteraksi dengan pendengar melalui telepon, maka tidak mengapa. Tetapi jika harus ada interkasi, maka sebaiknya Anda tetap menggunakan pemancar STL seperti di atas.
Delay pada shoutcast sebetulnya bisa kita atasi kok. Yaitu dengan menurunkan bufferingnya. Namun pada akhirnya juga dibutuhkan kecepatan internet yang tinggi. Simak saja pada ulasan berikutnya.

Pertanyaan selanjutnya yaitu, apa dibutuhkan server relay untuk shoutcast jika digunakan untuk siaran seperti ini ??? hal ini tergantung dari koneksi internet Anda. Jika koneksi internet Anda ada public IP, maka Anda bisa menggunakan shoutcast for windows yang langsung diinstal di PC / laptop Anda. Tetapi jika tidak ada, maka harus menggunakan server relay. Dan server relay ini tidak perlu sewa yang listenernya banyak. Karena kan pendengarnya cuma 1, yaitu komputer di studio.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar